Kita dilahirkan dengan sempurna dan memiliki sistem gerak pada tubuh kita, itu semua bergerak karena adanya sistem otot dalam tubuh, otot ini awalnya terbentuk dari sel khusus yang bentuknya seperti serabut-serabut, sel inilah yang bakalnya menempel pada tulang dan juga membentuk menyerupai organ di dalam atau di pembulu darah.

Perlu anda ketahui, seluruh anggota tubuh manusia memiliki otot, contohnya seperti otot yang tugasnya melakukan Gerakan-gerakan berat seperti mengangkat beban, Gerakan-gerakan ringan sampai Gerakan yang halus seperti mengedipkan mata atau memberi isyarat dengan dahi. Namun juga tak hanya itu, otot-otot juga terdapat di bagian organ dalam di tubuh manusia yang sangat penting pada anggota tubuh.

Ada 3 tipe jenis otot di dalam tubuh manusia yaitu:

Otot jantung

Seperti Namanya, otot ini yang membangun organ jantung, otot ini bertugas memompa darah keluar dari sistem jantung dan mengedarkannya ke seluruh tubuh, dan kemudian otot merileks kan Kembali dan darah akan Kembali lagi ke jantung, proses ini akan begitu seterusnya.

Pada otot jantung sifatnya adalah otonom atau bisa bekerja dengan semestinya tanpa bantuan anda untuk bisa anda perintah atau menggerekannya.

Otot Polos

Sama halnya dengan otot jantung, otot ini bertugas dengan sendirinya tanpa bantuan dari anda, otot ini menerima sinyal langsung dari otak dan dari kebutuhan tubuh anda, otot polos ini tersebar di seluruh tubuh manusia, seperti di saluran pencernaan lambung, usus merekalah yang membantu memudahkan perjalanan makanan.

Otot Rangka

Yang terakhir adalah otot rangka, di dalam sistem otot yang terakhir ini, otot rangka adalah otot yang bisa anda rasakan dan bisa anda berikan perintah, otot ini bertugas berdasarkan apa yang ingin anda lakukan, besarnya dari otot rangka juga bervariasi ada yang berukuran besar kuat , yang bisa melakukan Gerakan-gerakan yang berat , seperti di otot punggung Ketika anda ingin berdiri. Ada juga otot dileher yang bisa mengangguk, memutar, dan termasuk juga menyangga kepala.

Fungsi dan sistem otot

Sistem otot yang tersebar di dalam seluru tubuh memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda, silahkan anda simak penjelasannya berikut ini:

1.Bertugas melakukan Gerakan tubuh

Untuk bisa menggerakan sistem tubuh, sistem otot adalah peranan yang penting, otak secara langsung mengirimkan sebuah sinyal kepada otot agar berkontraksi menjadi Gerakan yang anda butuhkan.

2.Membantu menjaga keseimbangan tubuh

Yang kedua adalah otot inti , yang terletak pada perut, panggul dan punggung, semakin terbentuknya otot-otot ini tubuh anda akan semakin mudah untuk menopang dan semakin stabil sehingga anda dengan mudah menyeimbangkan tubuh.

3.Membentuk Postur Tubuh

Sisten otot juga memegang peran dalam mengatur postur dalam tubuh, seperti kekuatan otot dalam punggung, bahu, lutut dan pinggul ini sangat menentukan pola postur tubuh anda, jadi, keluhan atau kelemahan dalam bagian ini mempengaruhi postur tubuh.

Jika otot tidak pernah digunakan dan tidak dijaga dengan baik ini membuat otot semakin buruk dkemudian hari, anda akan mudah terkena nyeri sendi.

4.Memudahkan Proses Kelahiran

Jika anda wanita dan posisi hamil, otot pada Rahim anda bertugas menopang Rahim anda yang semakin membesar dan bertambahnya bobot janin, dan saat akan melahirkan otot-otot polos ini berkontraksi saling mendorong bayi anda untuk keluar

5.Mempermudah Sistem Pencernaan

Sesudah anda makan atau minum proses makanan tersebut akan sampai di sistem pencernaan, dari awal di kerongkongan sampai terakhir di usus besar, sampai proses terakhir menjadi tinja, proses ini bisa berjalan berkat sistem otot-otot polos yang ada dibagian sistem pencernaan.